Monday, July 7, 2014

Permisalan Salaf Menunjukkan Semangat Mereka Dalam Penjagaan Al Quran di Bulan Ramadhan

Asy Syaikh Muhammad bin Hadi Al Madkholi hafidzahullah memetikkan faedah berikut ini;


"Sungguh dahulu para Sahabat Rasulullah shalallahu 'alaihi wasalam sangat mengagumkan dalam qiraah dan bacaan mereka dalam shalat--semoga Allah meridhai para Sahabat dan yang mengikuti mereka dengan kebaikan sampai Hari Akhir--. Dahulu Rasulullah shalallahu 'alaihi wasalam membaca dan menghidupkan malamnya dengan qiraah sebagaimana Robbnya tabaraka wa ta'ala telah memerintahkannya. Maka selayaknya bagi seorang muslim untuk menjaga Al Quran ini.


Jika dia tidak menjaga Al Quran di bulan yang dia diturunkan padanya, kapan lagi dia akan menjaganya? Nabi shalallahu 'alaihi wasalam bersabda,


من قرأ حرفا من كتاب الله، فله به حسنة والحسنة بعشر أمثالها، لم أقول ألم حرف ولكن ألف حرف ولام حرف وميم حرف


"Barang siapa membaca satu huruf dari kitab Allah, baginya satu kebaikan dan sepuluh kebaikan yang semisal dengannya. Saya tidak mengatakan ألم satu huruf, akan tetapi alif satu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf."


Tiga puluh kebaikan, bagaimana jika Anda mengkhatamkannya sekali, lalu sekali, kemudian sekali, dan sekali lagi, berapa banyak pahala yang akan Anda dapatkan?!


Dahulu Said bin Jubair rahimahullah mengkhatamkan Al Quran setiap dua malam di bulan Ramadhan. Al Aswad bin Yazid An Nakhoi rahimahullah juga mengkhatamkannya setiap dua malam. Dulu Qotadah rahimahullah mengkhatamkannya setiap tujuh malam dan diriwayatkan juga setiap enam malam. Ketika masuk Ramadhan, beliau mengkhatamkannya setiap tiga malam. Tatkala masuk sepuluh hari terakhir, beliau mengkhatamkannya setiap malam. Berapa lama Anda mengkhatamkannya? Dua puluh hari, adapun beliau mengkhatamkannya setiap tiga malam, dan ketika masuk sepuluh hari terakhir beliau mengkhatamkannya setiap malam. Ini sangat menakjubkan, semoga Allah merahmati beliau.


Al Bukhori rahimahullah dahulunya mengumpulkan rekan-rekannya, para pencari hadits, dan mengkhatamkan Al Quran dalam shalat tarawih bersama mereka setiap tiga malam sekali khataman. Pada siang harinya beliau sendiri mengkhatamkannya setiap hari satu khataman. Inilah Imam Al Bukhori rahimahullah.


Dalam mengamalkan amalan ini sebagian mereka bersandar pada hadits yang telah kami sebutkan, bahwasanya dahulu malaikat Jibril membacakan Al Quran untuk Nabi shalallahu 'alaihi wasalam setiap tahun sekali. Dan pada tahun beliau wafat, malaikat Jibril membacakan untuknya dua kali. Maka selayaknya bagi seorang muslim untuk memperbanyak mengkhatamkan Al Quran di bulan ini. Terlebih lagi pendorong-pendorong yang membantu dalam qiraah Al Quran telah terwujudkan dan hal-hal yang memalingkan telah hilang atau melemah. Apabila hal-hal yang memalingkan telah hilang atau melemah, bersamaan hal itu Anda belum mengkhatamkannya, maka wahai hamba Allah, kapan Anda akan mengkhatamkannya? Hanya "kapan" yang akan melewatinya?!!"


Sumber : http://ar.miraath.net/fawaid/9033 | Dialihbahasakan oleh Abu Abdillah Zaki Ibnu Salman | WhatsApp Thulab Fiyus

No comments:

Post a Comment